RPS TEMATK PGMI

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PROGRAM STUDI MADRASAH IBTIDAIYAHSTAI DARUL KAMAL NW KEMBANG KERANG MATA KULIAH : Pembelajaran Tematik MI SKS : 2 KODE : PROGRAM STUDI : PGMI SEMESTER : II NAMA DOSEN PENGAMPU : Husairi, M.Pd. Deskripsi Mata Kuliah COURSE LEARNING OUTCOMES (CapaianPembelajaran Mata Kuliah) : Pembelajaran Tematik MI merupakan matakuliah yang akan membekali mahasiswa/mahasiswi calon guru madsarah ibtidaiyah (MI) ataupun sekolah dasar (SD ) sebagai dasar dalam memahami konsep dasar, merancang,dan mengimplementasikan pembelajaran tematik di MI Minggu Ke- Kemampuan yang Diharapkan pada Setiap Pertemuan Bahan Kajian Metode Pembelajaran Waktu Belajar (Menit) Pengalaman Belajar Mahasiswa (Deskripsi Tugas) Kriteria, Indikator dan Bobot Penilaian DaftarReferensi yang digunakan (1) (2) (3) (4) (5) (6) (7) (8) Ke-1 1. Kontrak kuliah 2. Mahasiswa mampu Memahami konsep dasar pembelajaran tematik di MI - Menjelaskan pengertian pembelajaran tematik - Menjelaskan tujuan pembelajaran tematik - Menjelaskan latar belakang pembelajaran tematik dan - Menjelaskan ruang lingkup pembelajaran tematik Persentasi dan diskusi Interaktif 2 x 45” Menjelaskan secara individual terkait konsep dasar pembelajaran tematik di MI Kuis Departemen Pendidikan Nasional. 2005.Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar. Jakarta:Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Dahar, Ratna Willis. (1988). Teori-teori Belajar. Bandung: IKIP Bandung. Eggen, Paul D & Kauchak. (1979). Strategis for teachers teaching content and thinking skills. New Jersey: Prentice Hall. Gordon H.Bower.Ernest R.Hilgard. Theory of learning.USA:: Prentice-Hall,Inc,EnglewoodClift Joyce, Bruce R., Weill. (1992). Model of teaching (fourth Edition). Boston-London-Toronto-Sydney-Singapore: Allyn and Bacon Publishers Kemp, Jerold E. (1994). Designing effective instruction. New York: Colege Publishing Company. Reigeluth, Chand Mod arles M.Intructional Design Theories and Models:A New Pradigm of Instructional theory.London Lawrence Erbaum Asociate,Publisher Rusman, 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Pers Suparno, Paul. (1997). Filsafat konstruktivis dalam pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Kanisius. Solso, R. L. (1995). Cognitive psychology. Washington. DC: Winston: The Loyola Symposium. Trianto,2013. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI, Jakarta: Kencana Prenada Media Group Ke-2 Mahasiswa mampu Memahami landasan dan kurikulum pembelajaran tematik - Menjelaskan landasan filosofi pembelajaran tematik - Menjelaskan landasan psikologis pembelajaran tematik - Menjelaskan landasan yuridis pembelajaran tematik - Menganalisis kurikulum yang digunakan dalam pembelajaran tematik Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Menjelaskan secara individual landasan dan kurikulum pembelajaran tematik di MI Kuis Ke-3 Mahasiswa mampu Memahami karakteristik pembelajaran MI - Memahami karakteristik pembelajaran tematik - Mengidentifikasi Keunggulan dan kelemahan pembelajaran tematik - Mengidentifikasi prinsip-prinsip dasar pembelajaran tematik. Persentasi dan diskusi Interaktif 2 x 45” Menjelaskan karakteristik pembelajaran MI Kuis Ke-4 Mahasiswa mampu memahami model pembelajaran tematik - Mengidentifikasi jenis-jenis model pembelajaran tematik - Menjelaskan pentingnya nilai-nilai islam ke dalam pembelajran tematik. Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Menjelaskan connected model, webbed model dan integritas nilai-nilai islam dalam pembelajaran tematik. Kuis Ke-5 Mahasiswa mampu merancang pembelajaran tematik - Menjelaskan makna jarring-jaring tema - Membuat jarring-jaring tema Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat jaring-jaring tema Kuis Ke-6 Mahasiswa mampu merancang pemetaan tema dalam pembelajaran tematik - Menjabarkan Kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam indikator - Membuat pemetaan KD dan indikator ke dalam tema-tema. Persentasi dan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat hubungan KD dan Indikator ke dalam tema-tema Kuis Ke-7 Mahasiswa mampu merancang pembelajaran tematik - Menjelaskan pengertian jaringan tema - Membuat jarring tema Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat jarring-jaring tema Kuis Ke-8 UTS Tes Tertulis Ke-9 Mahasiswa mampu menyusun materi pokok dalam pembelajaran. - Menganilis cakupan materi dari KD dan indikator maple yang terjaring dalam satu tema - Menyusun materi pokok untuk satu tema pembelajaran. Persentasi dan diskusi Interaktif 2 x 45” Mencaari materi sesuai dengan kemampuan mahasiswa dalam satu tema Kuis Ke-10 Mahasiswa mampu menyusun RPP tematik pembelajaran. - Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran tematik Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat rencana pelaksanaan pembelajaran tematik tugas Ke-11 Mahasiswa mampu merancang penilaian dalam pembelajaran tematik - Menjelaskan prinsip penilaian - Menjelaskan prosedur penilaian - Menentukan jenis penilaian dari setiap indikator Persentasi dan diskusi Interaktif 2 x 45” Menjelaskan prinsip, prosedur dan jenis penilaian Kuis Ke-12 Mahasiswa mampu merancang penilaian dalam pembelajaran - Menyusun instrument penilaian tes - Menyusun instrument penilaian non tes Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat instrument penilaian tes dan non tes Kuis Ke-13 Mahasiswa mampu menyusun silabus pembelajaran tematik - Memahami pengembangan silabus pembelajaran tematik - Mentapkan KI KD yang dapat dipersatukan dalam satu tema Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat selibus tematik Praktik Ke-14 Mahasiswa mampu menyusun silabus pembelajaran tematik - Merumuskan indikator keberhasilan belajara - Menentukan alokasi waktu yang sesuai dengan KD Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Membuat selibus tematik Praktik Ke-15 Mahasiswa dapat mengimplementasikan RPP tematik dalam keguatan pembelajaran Mempraktikan pembelajaran tematik Persentasidan diskusi Interaktif 2 x 45” Peer teaching Peer teaching Ke-16 UJIAN AKHIR SEMESTER Tes Tulis Keterangan : 1. Perkuliahan dasar-dasar kependidikan dirancang Tatap Muka (termasuk UTS, UAS) 2. Model Perkuliahan bisa diatur 3. Mengetahui Dosen Mata PTK EVLUASI PROSES DAN PRODUK BELAJAR 1. Tugas : 30 % 2. Keaktifan dalam kelas : 20 % 3. Ujian pertengahan semester : 25 % 4. Ujian akhir semester : 25 % Jumlah :100 % Disusun oleh Husairi, M. Pd

Komentar

Postingan Populer