BAHASA INDONESIA

TUGAS BAHASA INDONESIA Oleh Nama: Huasairi Nim : 151099001 Jurusan : S1 PGMI INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)MATARAM 2011/2012   Model-Model Pembelajaran Khas Bahasa Indonesia 1. Pembelajaran Terpadu Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pmbelajaran terpadu adalah pemblajaran yang menghubungkan aktivitas anak berintraksi dengan lingkungan dan pengalaman dalam lingkungannya. 2. Pembelajaran Tematik Pembelajaran tematik mrupakan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan beberapa mata pelajaran untuk memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa. Keterpaduan dalam pembelajaran ini dapat dilihat dari aspek proses atau waktu, aspek kurikulum, dan aspek mengajar. Pembelajaran tematik hanya di ajarkan pada siswa SD kelas rendah karena pada umumnya mereka melihat segala sesuatu sebagai satu keutuhan(holistic), perkembangan fisiknya tidak pernah dipisahkan dengan perkembangan mental, social dan emosional. 3. Pakem PAKEM adalah strategi pembalajaran yang menciptakan variasi kondisi eksternal dan internal dengan melibatkan siswa secara aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan sehingga pembelajaran bermakna. Dri segi gru pakem diartikn sbg Aktif diartikn sbg upya mengaktifkn diri dlm memamntau kgytn bljr siswa, membri umpan balik, mengajukn prtanyaanyg mnantg siswa, memprtaxakn ggsn siswa. Kreatf di artikn sbg upya gru dlm mgembgkn kgytn bragam dn membuat alt bntu bljr scra sdrhna Efktif diartikn sbg pncpaian hsl yg tlh di rmskn olh gru Mxenangkn diartikn sbg upya gru membwt ank tdk tkt slh, tdk tkt di tertwakn, tdk mtkt di anggap spele, mgkondisikn ank asyik bljr. Dr siswa yaitu Aktf diartikn sbg kgytn siswa trlibt aktf dlm mgemukakn prtaxaan, mengemukakn ggsn, memprtacxakn ggsn org lain dan ggsnx. Kreatf diartikn sbg siswa kreatf merancang, membwt sesuatu, melaporkn dsb. Efktif artix siswa memiliki bbrpa ktrampiln yg diprlukn. Menyenagkn artixa ank brani mncoba, brani brtax, brani mengemukakn ggsn, berni memprtaxakn ggsn org lain, senang dlm melakukn kgytn shg terdorong utk bljr trs spnjg hyt dn mndiri. 4. Pembegi pembelajaranlajaran Kooperatif Pembelajaran kooperatif adalah salah satu strategi belajar mengajar yang menekankan pada sikap atau prilaku bersama dalam bekerja atau membantu di antara sesame dalam struktur kerja sama yang teratur dalam kelompok, yang terdiri dari satu orang atau lebih. Karakteristik Pendekatan Pembelajaran Kooperatif a. individual accountability, yaitu bahwa setiap individu dalam kelompok mempunyai tanggung jawab untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi oleh kelompok. b. social skill, yaitu mengajarkan siswa untuk belajar memberi dan menerima, mengambil dan menerima tanggung jawab, menghormati hak orang lain dan membentuk kesadaran diri. c. positive interdependence, yaitu sifat ketergantungan satu terhadap yang lain di dalam kelompok secara positif. d. group processing, yaiu pross jawaban prmasalahan di krjakan olh klompok scara brsamasama. 5. Pembelajaran Keterampilan Proses Pembelajaran keterampilan proses adalah pembeljrn dgn mengembgkn ktrmpiln2 memproses perolhn shg siswa mampu mnemukn dan mgmbgkn fakta dan konsep srta mnumbuh kmbgkn sikp dn nilai. Lgkh2 kgytn ktrmpiln proses di antrax mengobservasi atau mengamti, trmsk di dlmnya: menghitung, mengukur, mengklasifikasikn, mncri hbgn ruang/wktu, membwt hiptesis, mrncnkn pnltyn/eksprimn, mgndlikn variable, menginterpretasi atau menafsirkn data, menyusn ksmpln smntra, mramlkn, mnrapkn dan mgkomuniksikn. 6. Pembelajaran Kecakapan Hidup (Life Skill) Pmbljrn ini dlndsi olh esensi kckpn hdp, yaitu kmampwn seseorg utk memhmidirix dn ptensix dlm khdpn, antra lain mnckup pnentwn t7an, memechkn mslh dn hidp brsma org lain. 7. Pembelajaran Bahasa Menyeluruh (Whole Language) Adlh suatu pndektn trhdp pmbljrn bhsa scra utuh, artix dlm pmbljrn bhsa qt mgjrknx scra kntkstual, logis, kronologis, dan komuniktf srta mggunkn setting yang rill dn brmkna. Dg whole language approach trdpt hbgn yg intrktif antra mndengrkn, brbicra, membca dan mnulis. 8. Pembelajaran Kontekstual Adlh konsp bljr yg membntu guru mengaitkn mtri yg di ajrkn dg situasi dunia nyata dn mendrong sswa membwt hbgn antra pgetahuan yg dimilikix dlm khdpn mrk shri2, dg mlibtkn 7 komponen utma pmbljrn efktf: 1. Konstruktivisme, 2. Brtaxa, 3. Mnemukn, 4. Masyarkt bljr, 5. Pmodeln, 6. Reflksi, 7. Pnilaian sbnrx. TUJUH KOMPONEN CTL 1.Konstruktivisme 2.Inquiry 3.Questioning 4.Learning Community 5.Modeling 6.Reflection 7.Authentic Assessment 9. Pembelajaran Salingtemas (Sains, Lingkungan, Teknologi, Masyarakat) adlh pmbljrn yg memfokuskn kgytn bljr pd muatn sains, lingkungn, tknologi, dn masyarkt. siswa di arhkn mengintegrasikn bbrpa aspek yg slg brhbungn spt ktrmpiln brpikr, sikp, ktrampiln motorik, menginfomsikn dn kognitf.

Komentar

Postingan Populer